Cara Merawat Luka Agar Tidak Meninggalkan Bekas

Posted on

Luka lecet pada dasarnya merupakan sebuah kondisi dimana bagian epidermis atau kulit bagian luar terkelupas, hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah gesekan dengan benda tajam ataupun yang lainnya. Hal ini rentan dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Ketika sudah terjadi luka semacam ini maka mau tak mau harus segera diobati agar tidak bertambah parah, pengobatan pertama pada luka ini agaknya juga tidak terlalu sulit.

Cukup dengan membersihkan kemudian dilanjutkan dengan membalutnya menggunakan perban atau mungkin dengan plester maka cukup untuk membuatnya terlindungi. Agar lebih cepat sembuh dan juga tidak membekas, maka berikut ini hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk perawatannya, diantaranya adalah:

  1. Oleskan antibiotik, antibiotik ini sangat berguna di dalam membuat luka menjadi lebih cepat kering dan juga tak akan membekas, untuk itu pastikan bahwa Anda mengoleskannya sebelum menutup luka tersebut memakai plester atau kain kasa.
  2. Hindari menggunakan bahan pembersih dengan kandungan yodium ataupun hidrogen peroksida, karena dalam beberapa kondisi sebenarnya hal ini hanya akan semakin memperparah kondisi kulit yang terluka.
  3. Jangan sampai luka tersebut terkena sinar matahari secara langsung, karena jika sampai terkena sinar matahari sebenarnya ini hanya akan membuatnya mengalami hiperpigmentasi secara permanen.
  4. Pastikan untuk rajin-rajin dalam mengganti perban maupun kain yang dipakai sebagai penutup luka, karena dengan membiarkannya tidak diganti akan membuat luka rentan mengalami infeksi dari kuman. Untuk itu ganti minimal 2 kali dalam sehari.
  5. Jika terdapat luka memar atau bengkak yang ada di sekitar luka tersebut alangkah lebih baiknya bagi Anda untuk mengompresnya dengan menggunakan es, sehingga luka akan lebih cepat sembuh.

Sangat mudah bukan, dengan perawatan untuk luka lecet secara tepat tak hanya akan mempercepat penyembuhannya saja, melainkan juga sangat bermanfaat untuk mencegah kemungkinan luka akan berbekas. Jika luka sebatas lecet ringan cukup dengan memakai plester untuk mengobatinya, lebih praktis apalagi untuk menunjang perjalanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *