Ketahui Penyebab Setoran PPN Mengalami Penurunan

0 478

Tarif PPN diturunkan oleh pemerintah terkait COVID-19 yang berdampak langsung terhadap ekonomi masyarakat. Pajak hadir sebagai regulated atau pengatur dan pengontrol ekonomi yang membantu masyarakat menghadapi wabah COVID-19. Banyak pertimbangan yang membuat pemerintah menurunkan tarif pajak tersebut yang semuanya bertujuan untuk meringankan beban terdapat wabah ini dan menstabilkan perekonomian negara.

PPN TurunTak hanya PPN, pajak usaha dan lainnya juga menjadi mengalami penurunan penerimaan dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Detail penyebab hal tersebut terjadi ialah sebagai berikut.

Mempertahankan Daya Beli Masyarakat

Masyarakat menengah ke bawah sebagai terdampak langsung COVID-19 mengalami penurunan penghasilan yang drastis termasuk UMKM. Pajak yang turun berpengaruh pada pemasukan yang diterima menjadi lebih besar. Dengan demikian, daya beli tetap stabil atau setidaknya tidak turun secara signifikan. Kebutuhan pokok individu tetap terpenuhi, sektor lain seperti penjual pun terselesaikan.

Menghindari PHK

Tak hanya pajak pribadi, pajak usaha pun turut diturunkan untuk meringankan beban perusahaan. Tarif pajak badan yang mulanya 25% menjadi 22% ini diharapkan mampu membuat perusahaan tetap bertahan di tengah perekonomian yang tidak stabil. Kewajiban yang berkurang kepada pemerintah diharapkan mampu tetap mempertahankan pegawai atau menghindari PHK yang nantinya berdampak lebih luas lagi.

Memberikan Ruang Cash Flow

Cash Flow penting bagi sebuah usaha karena sebagai ukuran apakah usaha tersebut masih bisa berjalan dengan lancar atau tidak, masih mampu menghasilkan penghasilan atau tidak, berpeluang atau justru merugikan. Laporan Cash Flow ini juga masuk dalam pembukuan untuk dasar menentukan kebijakan. Dana yang macet atau bahkan kekurangan dana menjadi faktor penyebab banyaknya usaha hang bangkrut. Nah, itulah sebabnya pemerintah menurunkan setoran pajak, usaha tetap bertahan, karyawan tetap bekerja dan ekonomi stabil.

Menstabilkan Investasi

Tarif PPN yang turun tidak hanya bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat atau setiap individu tetapi juga tetap melakukan investasi. Meski dinomorduakan investasi penting untuk menjamin masa depan. Simpanan ini juga berpeluang meningkat jika dilakukan dengan tepat sehingga menambah pula pendapatan individu tersebut. Lebih pentingnya lagi investasi mampu menghindarkan negara dari inflasi yang menjadi bayang-bayang di tengah pandemi ini.

Tarif PPN bergantung pada Penghasilan Kena Pajak yang telah disesuaikan dengan tanggungan masing-masing individu. Jika seseorang memiliki usaha maka perhitungan pun semakin rumit karena penghasilan tiap bulannya tidak sama.

Solusi untuk hal seperti ini ialah menggunakan pembukuan otomatis BukuKas yang menghitung secara cepat dan tepat segala catatan keuangan. Aplikasi ini membantu Anda dalam hal pencatatan hingga pengawasan keuangan sehingga lebih praktis, aman dan terhitung secara akurat. BukuKas tersedia di Playstore yang bisa diunduh secara gratis sehingga semua individu atau pengusaha bisa dengan mudah memaksimalkan keuangannya.

Category: BusinessTags:
author
No Response

Leave a reply "Ketahui Penyebab Setoran PPN Mengalami Penurunan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.