Mempermulus Kehidupan Baru di Rumah Baru

Posted on

Masa berpacaran tiga tahun adalah waktu yang lebih dari cukup untuk merencanakan langkah pernikahan. Kurang dari jangka waktu itu, Anda akan dianggap terburu-buru. Sedangkan, melewati masa berpacaran lebih dari tiga tahun, Anda akan divonis tidak punya komitmen dan keseriusan.

Persiapan menuju jenjang pernikahan, tentu harus segera dipikirkan sebelum Anda menikmati bulan madu. Salah satu persiapannya adalah merencanakan pembelian rumah bagi keluarga baru Anda. Untuk yang satu ini, sangat disarankan agar Anda tidak menundanya. Bila perlu, lakukanlah beberapa hari setelah proses lamaran berjalan lancar.

Ingat, ya, yang harus Anda lakukan beberapa hari setelah lamaran adalah mengomunikasikan rencana pembelian rumah dengan calon pasangan hidup. Jangan gegabah beranjak ke urusan lain, lalu meracau secara tiba-tiba tentang daftar rumah dijual di Bandung.

Agar rencana pembelian rumah lebih mulus, cermatilah beberapa rekomendasinya berikut ini.

  1. Diskusikan dengan Pasangan

Dalam merencanakan pembelian rumah, usahakan untuk tidak mengambil keputusan sendiri. Diskusikan segala hal dengan pasangan yang akan mengisi rumah tersebut bersama Anda. Sampaikan keinginan Anda dan dengarkan keinginan pasangan.

Perbedaan pendapat dalam diskusi adalah hal biasa. Tentu saja Anda dan pasangan punya resep masing-masing untuk menekan konflik. Yang penting, jangan pernah Anda melangkahi peran pasangan, apalagi merasa lebih pantas menentukan rencana pembelian rumah dibanding pasangan.

  1. Fungsional atau Emosional?

Kreativitas rancangan suatu rumah memang sering mengundang decak kagum. Tata letak halaman yang cantik berpadu dengan pilihan warna yang memikat hati untuk memiliki. Untuk jenis rumah seperti ini, Anda bisa langsung membayangkan interior paling cocok yang harus ditata di dalamnya.

Perasaan-perasaan emosional seperti di atas tentulah sangat manusiawi. Akan tetapi, Anda juga harus mempertimbangkan sisi fungsionalnya. Pikirkanlah tentang struktur atau daya tahan bangunan, akses lokasi, lingkungan sekitar perumahan, dan harga yang ditawarkan.

  1. Kenali Daya Beli

Salah satu pertimbangan yang akan memudahkan rencana pembelian rumah adalah kemampuan Anda mempersiapkan biayanya. Setelah melewati proses diskusi dan menyepakati karakteristik hunian yang spesifik, di sinilah Anda harus mulai berhitung.

Berdasarkan perhitungan yang ideal, besarnya cicilan maksimal untuk mengambil KPR adalah sekitar sepertiga gaji gabungan Anda dan pasangan. Akan tetapi, kalau Anda punya pertimbangan lain dan merasa lebih cakap dan percaya diri mengalokasikan keuangan Anda, silakan mulai mengaturnya bersama pasangan.

  1. Memulai Pencarian di Internet

Jika sebelumnya Anda sudah menentukan karakteristik hunian idaman, sekarang saatnya memulai pencarian hunian tersebut. Di era periklanan internet, bukan hal yang sulit untuk menemukan tawaran rumah siap huni. Anda bisa menemukan beragam rumah dengan kriteria harga terbaik melalui situs khusus jual beli rumah, atau mencermati timeline media sosial.

Pemanfaatan periklanan internet juga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan gambaran lokasi hunian secara cepat. Beberapa situs bahkan menyediakan kriteria pembanding yang penggunaannya sangat simpel. Selain itu, aturlah pencarian Anda berdasarkan akses jarak tempuh. Hal ini penting untuk tetap menjamin perjalanan kerja atau aktivitas bisnis Anda tidak terganggu.

  1. Lingkungan Rumah yang Ramah Anak

Selain pertimbangan akses rumah dan lokasi bisnis, pastikan juga kondisi lingkungan hunian secara cermat. Semakin nyaman kondisi lingkungan di sekitar rumah baru Anda, semakin baik pula dampaknya untuk kehidupan keluarga baru Anda. Apalagi jika nanti telah hadir sang buah hati dalam keluarga.

Demi kenyamanan di masa depan dan untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati di lingkungan yang ramah anak, sempatkanlah untuk mengunjungi secara langsung lokasi rumah incaran Anda. Perhatikan jumlah fasilitas ramah anak dan ramah keluarga yang bisa Anda nikmati di sana.

  1. Rumahku, Interiorku

Untuk menghindari kekecewaan yang tidak diharapkan, lakukanlah beberapa pengecekan ke rumah incaran Anda. Menjelang pengecekan terakhir, Anda seharusnya sudah dapat membayangkan desain interior yang hendak diterapkan.

Bekerja samalah dengan pasangan untuk memilih warna cat pada setiap ruangan di dalam rumah. Meskipun terkesan sederhana, namun pemilihan warna cat yang tepat, sangat penting untuk menambah kesan nyaman, asri, dan hangat, yang membangkitkan nuansa positif di dalam rumah.

  1. Menata Ulang Isian Rumah

Tibalah Anda pada saat yang paling dinantikan. Setelah rumah incaran resmi diraih dan segala persyaratan sudah dipenuhi, sekarang waktunya melakukan penataan ulang pada perabot rumah tangga. Penataan ini akan terasa lebih mudah jika Anda telah menentukan waktu khusus selama beberapa hari untuk mencicilnya. Cobalah mengatur waktunya di akhir pekan.

Prioritaskan perabot rumah tangga seperti televisi, kompor, perkakas dapur, meja makan, dan kulkas. Lanjutkan tahap penataan dengan memasukkan perabot seperti sofa, tempat tidur, lemari pakaian, dan meja kerja. Terakhir, lengkapilah rumah baru Anda dengan berbagai ornamen cantik yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Demikianlah sejumlah rekomendasi perencanaan, untuk mempersiapkan rumah bagi keluarga dan kehidupan Anda selanjutnya. Semoga bermanfaat dan selamat menempuh hidup baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *